Cara Tes Mic Headset Berfungsi atau tidak (Windows 10)

Pendahuluan

Untuk update kali ini admin akan membagikan bagaimana cara mengecek mic berfungsi atau tidak pada headset. Banyak yang was was dalam membeli headset, was-was sampainya di rumah mic tidak dapat berfungsi dengan benar. Maka dari itu haruslah terlebih dahulu dilakukan pengecekan sebelum membawa pulang kerumah headset yang sudah dibeli.

Untuk melakukan pengecekan speaker pada headset tidak merupakan hal yang sulit, karena cukup dengan memasukan usb/jeck ke tempat audio maka kita tahu berfungsi atau tidak speaker pada headset.

Berbeda halnya dengan mencoba mic pada headset. Harus dilakukan sedikit setting agar dapat mengetahui mic pada headset bekerja dengan baik atau tidak.

Tahapan Pengecekan

Terlebih dahulu anda sambungkan kabel audio yang terdapat pada headset ke komputer, lalu :

  1. lihat ke sudut bawah kanan layar, cari gambar sound,
  2. kemudian klik kanan pada gambar sound,
  3. cari menu “sound” dan klik kiri
  4. akan muncul tabulasi dengan pilihan: Playback, Recording, Sounds, Communications,
  5. pilih Recording, kemudian klik pada Microphone (untuk tes mic laptop)/merek headset dan klik Properties dibawah kanan,
  6. akan muncul tabulasi baru dengan menu: General, Listen, Levels, Enhancements, Advanced,
  7. pilih tabulasi Listen, dan ceklist tulisan Listen to this device,
  8. setelah itu jangan lupa klik apply terlebih dahulu dan klik ok.

Jika selesai melakukan tahapan diatas maka seharusnya dapat mendengar suara sendiri ketika berbicara menggunakan mic pada headset tersebut. Dan jika tidak mendengarkan suara sendiri berarti bisa dipastikan mic pada headset rusak secara fisik atau hardware headset telah rusak.

Penjelasan dengan Gambar

Penutup

Sebelum membeli headset mahal ataupun murah alangkah baiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu agar tidak mengalami kekecewaan serta dapat menukar langsung headset tersebut tanpa harus bolak balik hanya untuk menukarkan atau mengklaim garansi. Jadi mungkin sekian dulu ulasan tentang bagaimana cara mengecek headset pada windows 10. Semoga artikel ini berguna juga bermanfaat baik bagi pembaca. Sekian dan terima kasih, assalamualaikum warohmatullah hi wabarokatuh.

Jika penjelasan artikel diatas masih kurang jelas, coba perhatikan video singkat yang hanya berdurasi tiga menit dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares