Apa itu VPN (Pengertian Secara Umum)

Pengertian VPN Secara Umum

VPN, apa itu vpn?, kepanjangan dari VPN itu sendiri adalah Virtual Private Network. berdasarkan namanya VPN ini sebenernya memberikan keamanan identitas saat berselancar di dunia maya, sebagai contoh,  suatu negara memblok beberapa situs yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku pada negaranya, maka dengan menggunakan VPN pengguna dapat menembus masuk kedalam situs tersebut. jadi pada dasarnya VPN memberikan perlindungan identitas saat masuk kepada situs yang kita tuju.

biasanya aplikasi VPN akan memberikan beberapa pilihan negara sebagai pilihan dari mana akan berselancar pada dunia maya, jika menggunakan bendera singapore, maka akan terditeksi sebagai jaringan yang berasal dari singapore pada situs yang dikunjungi.

jadi apakah sebenarnya baik menggunakan VPN?, untuk mengetahui itu semua mari lihat beberapa penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan VPN dibawah ini agar dapat mengambil keputusan bijak dalam penggunaannya.

Kelebihan menggunakan VPN

adapun beberapa kelebihan ketika menggunakan VPN, yaitu:

1. Data akan lebih aman

seperti yang dilihat pada keterangan diatas, dikarenakan pada saat masuk suatu situs menggunakan alamat IP pada negara lain, maka identitas peselancar internet yang akan terditeksi tidak alamat yang sesungguhnya, misalnya pengguna Indonesia masuk menggunakan VPN Singapore, maka pengguna yang berasal dari Indonesia akan terditeksi sebagai pengunjung yang berasal dari Singapore.

2. Situs yang diblok dapat diakses

ada beberapa situs yang memang diblok oleh suatu negara karena tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku pada negara tersebut. ada juga situs yang tidak memperbolehkan beberapa negara untuk berkunjung pada situs mereka, maka dibuat semacam firewall untuk memblok adanya negara lain masuk ke situs tersebut. namun dengan menggunakan VPN, itu semua dapat dilewati ataupun dapat diakses dengan mudah. apa lagi pada tahun 2019 ini sudah banyak aplikasi VPN yang tinggal sekali klik dan memilih negara yang diinginkan sudah dapat tersambung pada situs yang diinginkan.

3. Sulit melacak identitas IP kita sebenarnya

dengan menggunakan VPN, alamat IP pengguna tidak akan langsung diketahui, karena alamat IP yang digunakan bukan milik pengguna melainkan negara yang dipilih sebagai penyambung terhadap situs yang dituju. maka dengan begitu alamat IP yang sebenarnya sangat sulit ditemukan, apa lagi jika menggunakan VPN yang berbayar, dapat dipastikan untuk menemukan identitas alamat IP yang sebenarnya akan semakin sulit untuk dilacak.

4. Lokasi jaringan terditeksi dari tempat yang berbeda

pada saat di deteksi alamat IP pengguna VPN, maka alamat yang ditemukan bukanlah alamat asli pengguna, melainkan alamat IP perusahaan penyedia jasa VPN tersebut dan negara yang telah dipilih pengguna sebagai media penyambung untuk terhubung.

Kekurangan menggunakan VPN

setelah melihat beberapa kelebihan dalam menggunakan VPN, mari sekarang kita lihat beberapa kekurangannya.

1.Koneksi lambat

saat menggunakan VPN gratis, pengguna internet akan mengalami penurunan kecepatan, walaupun kuota internet yang kita gunakan seharusnya dapat lebih cepat. untuk mendapatkan akses internet yang lebih cepat pada pengguna VPN, biasanya perusahaan penyedia akan menambahkan biaya tambahan.

2. Konfigurasi rumit

pada awal mulanya VPN dulu disetting secara manual pada komputer, dan konfigurasi itu cukup rumit bagi para pemula. tapi sekarang sudah sangat banyak penyedia VPN gratis dan berbayar, jadi penggunaan VPN pada masa ini tidak perlu lagi melakukan konfigurasi manual.

3. Ada batas penggunaan

seluruh VPN yang bisa digunakan secara gratis biasanya memiliki batas, baik itu batas kecepatan maupun batasan kuota perharinya. untuk mendapatkan akses lebih, biasanya pengguna dikenakan biaya tambahan.

4. Koneksi kurang stabil

VPN ini juga memiliki kelemahan yang lain yaitu kurang stabil, dan ini juga biasanya terjadi pada para pengguna yang menggunakan VPN secara gratis. untuk VPN yang berbayar, biasanya memilki kecepatan yang lebih sesuai dengan yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia VPN.

5. Suluruh website dapat diakses oleh anak dibawah umur

bagi para orang tua, VPN ini sebenarnya sangatlah tidak aman digunakan bagi anak-anak, kenapa? karena dengan menggunakan VPN tidak ada lagi batasan web yang dapat dikunjungi. seperti contohnya situs berkonten dewasa. Indonesia biasanya membatasi penggunaan konten dewasa dengan membloknya tetap dengan menggunakan VPN ini blokir tersebut dapat ditembus dengan sangat mudahnya.

Penutup

Secara umum VPN memberikan keamanan identitas pada saat digunakan untuk mengunjungi suatu laman dengan tidak memberikan identitas asli pada laman tersebut. dengan hal itu VPN sangat sering digunakan para hacker untuk mengelabui indentitas mereka. 

jadi itulah pengertian VPN secara umum yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, serta dapat menggunakan VPN secara bijaksana, benar dan tidak menyalahgunakan VPN untuk hal-hal yang berbau negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares